Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Permintaan Warga ke Jokowi, Kali Sentiong Dikeruk

Kompas.com - 04/04/2013, 11:25 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kali Sentiong di Galur, Tanahtinggi, Joharbaru, Jakarta Pusat, dikeruk. Pengerukan ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya banjir yang kerap kali terjadi.

Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat Juaini Yusuf mengatakan, pengerukan Kali Sentiong dilakukan atas instruksi langsung dari Dinas PU yang kemudian diserahkan kepada Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat sebagai program normalisasi kali di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Pusat.

"Ini sebagai tindak lanjut dari permintaan warga ke Gubernur DKI Jakarta. Kita lakukan pengerukan yang juga merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi PU Tata Air Jakarta Pusat," ujarnya, Kamis (4/4/2013).

Pengerukan di kali Sentiong ini sudah dilaksanakan sejak Kamis, 28 Maret 2013. Pengerukan akan dilakukan sepanjang 2,7 kilometer serta saluran PHB di Jalan Kesehatan dengan panjang 900 meter.

"Jika tidak, halangan pengerjaan pengerukan Kali Sentiong kita perkirakan selama 30 hari ke depan," kata Juaini.

Juaini menuturkan, selain Kali Sentiong, pihaknya juga merencanakan pengerukan di Kali Gresik yang terletak di Jalan Sumenep dan Jalan Surabaya serta anak Kali Ciliwung yang berada di Jalan Abdul Muis. Pengerukan tersebut diharapkan mampu menanggulangi banjir yang kerap kali menerjang Ibu Kota.

"Mudah-mudahan dengan pengerukan ini banjir genangan yang selama ini terjadi dapat ditanggulangi," kata Juaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com