Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Contra Flow" Cawang-Rawamangun Tak Sukses

Kompas.com - 05/04/2013, 13:13 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Uji coba sistem lawan arah atau contra flow Cawang-Rawamangun yang dimulai pada Jumat (5/4/2013) pagi sekitar pukul 06.00 WIB tadi mengalami hambatan. Contra flow hanya bertahan selama dua jam lebih.

Menurut Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jazari, sistem lawan arah pada jalur itu dihentikan lantaran terjadi kemacetan Km 7+000 dari arah Tanjung Priok menuju Cawang.

"Uji coba contra flow pagi ini berjalan kurang sukses karena banyak truk besar yang jumlahnya juga banyak," kata Jazari saat dihubungi wartawan, Jumat (5/4/2013).

Saat dimulai pada pukul 06.00 WIB pagi tadi, lanjut Jazari, awalnya arus lalu lintas tampak stabil dan berjalan lancar. Namun, memasuki sekitar pukul 08.30 WIB, kemacetan mulai timbul dari arah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebaliknya, arus Jagorawi masih berjalan lancar.

"Dua arah itu harus lancar sekalipun ramai harus tetap lancar dari dua arah yang berlawanan," ujar Jazari.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi kembali mengenai penerapan contra flow Cawang-Rawamangun. Menurutnya, belum bisa ditentukan apakah besok contra flow akan tetap dilanjutkan atau tidak.

"Kita akan pertimbangkan lagi untuk penerapannya besok. Kita rapat sore ini dan langsung diputuskan dilanjutkan atau tidaknya," tutup Jazari.

Pada kesempatan itu, lanjutnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat meninjau selama setengah jam pada pukul 07.30 WIB untuk mengontrol uji coba contra flow tersebut. Sebanyak 30 personel polisi lalu lintas dikerahkan untuk mengatur contra flow Cawang-Rawamangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com