Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

81 Ribu KJP Dibagikan Pekan Depan

Kompas.com - 07/04/2013, 17:11 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu Jakarta Pintar (KJP) akan kembali dibagikan pertengahan bulan April ini. Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono mengatakan sebanyak 81 ribu kartu akan dibagikan kepada para peserta didik, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sebelum tanggal 15 April 2013.

"Pak Gubernur meminta KJP dibagikan sebelum tanggal 15 April. Nanti akan dibagikan juga sebanyak 81.000 kartu bersama Dinas Pendidikan DKI tanggal 14 April 2013, inginnya di acara flashmob Car Free Day," kata Eko, pada perayaan ulang tahun Bank DKI ke 52, GOR Sumantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, Minggu (7/4/2013).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan alokasi KJP tahun ini mencapai 332 ribu. Hingga 29 Maret 2013 lalu, sudah ada 301 ribu data nama peserta didik penerima KJP yang langsung diserahkan kepada Bank DKI. Namun yang baru akan dibagikan kepada peserta didik baru 81 ribu.

"Sekarang ini lagi diproses Bank DKI, seberapa jauh Bank DKI bisa mengakomodir KJP. Mudah-mudahan semua bisa tuntas dan pada bulan Juni semua sudah bisa terdistribusi," kata Taufik.

Dana di ATM Bank DKI ini, lanjutnya, akan digunakan untuk biaya transportasi, alat tulis, tas, buku, seragam, sepatu, dan tambahan uang makan. Mereka yang saat ini duduk di kelas 6 SD, IX SMP, atau XII SMA tetap akan mendapatkan KJP. Namun, setelah pengumuman kelulusan pada Juli mendatang, mereka tidak akan lagi mendapat bantuan dana bulanan dari Bank DKI. Walaupun anggaran di-stop oleh Bank DKI, namun KJP yang berbentuk kartu ATM itu telah menjadi hak milik mereka.

Sementara itu, di sisi lain, apabila diketahui siswa menggunakan KJP untuk hal lain atau digunakan oleh siswa yang mampu, maka Dinas Pendidikan DKI akan meminta Bank DKI menyetop pengucuran anggaran KJP ke rekening siswa tersebut.

"Untuk itu, kami meminta semua orang mengawasinya karena KJP diperuntukkan siswa sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin," ujar Taufik.

Di tahun 2013 ini, anggaran untuk KJP dialokasikan sebesar Rp 804 miliar. Anggaran tersebut dibagi dua, yaitu sebesar Rp 703 miliar dalam APBD DKI 2013, sedangkan sisanya Rp101 miliar akan dianggarkan pada APBD Perubahan 2013.

Besaran KJP yang diterima siswa tingkat SD/SD Luar Biasa (SDLB)/Madrasah Ibtidaiyah sebesar Rp 180.000 per bulan per siswa. Untuk tingkat SMP/SMPLB/Madrasah Tsanawiyah, dana KJP sebesar Rp 210.000 per bulan per siswa, dan tingkat SMA/SMALB/Madrasah Aliyah sebesar Rp 240.000 per bulan per siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com