Selasa, 21 Oktober 2014

News / Megapolitan

In Memoriam

Jenazah Abun Dimakamkan Pagi Ini

Senin, 8 April 2013 | 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Empat malam disemayamkan di rumah duka, jenazah wartawan Kompas Antonius Abun Sanda (52), pagi ini, Senin (8/4/2013), akan dimakamkan di Taman Kenangan Lestari, Karawang, Jawa Barat. Menurut rencana, pemakaman akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Redaksi Kompas Retno Bintarti menyatakan, jenazah diberangkatkan dari Rumah Duka Dharmais, Jalan S Parman Jakarta pukul 08.00 ini dan langsung menunju Karawang dengan diantarkan keluarga dan kerabat.

Rombongan pelayat juga berangkat dari kantor Kompas Gramedia di Jalan Palmerah Selatan sekitar pukul 07.00 tadi. Empat unit bus mengangkut pelayat yang terdiri dari rekan kerja dan para sahabat Kompas Gramedia.

Seperti diberitakan, Abun Sanda meninggal dunia Kamis lalu di ruang kerjanya, Redaksi Kompas sekitar pukul 17.05, karena serangan jantung. Sebelum mengalami serangan jantung, dia masih sempat menyelesaikan tulisan terakhirnya dan mengirimkannya ke editor Desk Ekonomi.

Abun yang meninggalkan dua orang anak itu bergabung dengan Kompas sejak 1987 sebagai calon koresponden di Makassar. Dia kemudian pindah ke Jakarta dan menjadi wartawan di sejumlah desk.

Selama berkarir di Kompas dia pernah menduduki berbagai jabatan, antara lain Wakil Kepala Desk Ekonomi, Wakil Kepala Desk Metropolitan, Kepala Desk Metropolitan, Kepala Desk Nusantara, Kepala Desk Ekonomi, dan Direktur Bisnis PT Kompas Media Nusantara.

Sejak Kamis malam lalu, jenazah Abun disemayamkan di Rumah Duka Dharmais yang dipenuhi karangan bunga dari para sahabat, kerabat, dan nara sumbernya. Sejak di Dharmais, setiap malam diselenggarakan Misa Kudus yang selalu dipenuh para pelayat.

Terakhir, Minggu malam kemarin, Misa dipimpin oleh Romo Sindhunata SJ yang juga kakak iparnya. Anita, istri Abun yang telah meninggal dunia 2009 lalu adalah adiknya Romo Sindhu.

 

 


Penulis: M Suprihadi
Editor : Marcus Suprihadi