Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Gratis Rusun Marunda Segera Berakhir

Kompas.com - 08/04/2013, 11:24 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Masa penggratisan fasilitas rumah, listrik, dan air bagi penghuni Rusun Marunda korban banjir Waduk Pluit akan berakhir bulan ini. Pengelola mulai mendata dan menyosialisasikan hal itu. Sementara sejumlah penghuni mengaku siap membayar sewa.

Sepekan terakhir, sosialisasi berakhirnya masa gratis digelar di beberapa blok yang menampung korban banjir. Mereka akan dikenakan tarif sewa rusun subsidi sebesar Rp 128.000-159.000 per bulan (tergantung lantai). Mereka juga harus membayar air dan listrik sesuai pemakaian.

Sejak pindah dari pengungsian ke rusun itu, Februari 2013, pemerintah menggratiskan biaya sewa rumah. Pemerintah juga memberi voucher listrik dan menggratiskan air. Selain itu, mereka diberi pelatihan wirausaha, modal dan alat kerja, serta sebagian difasilitasi bekerja di Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Untuk transportasi, pemerintah menyiapkan bus dan kapal cepat rute Marunda-Muara Baru. "Kami sudah siap (bayar). Tiga bulan cukup untuk penyesuaian tinggal di sini. Saya kena Rp 128.000 per bulan karena saya di lantai 5. Tarif itu lebih murah dibandingkan kamar kos di Muara Baru (Penjaringan) ukuran 3 x 7 meter Rp 500.000 per bulan," kata Sarmi (35), penghuni Blok 7 Klaster B Rusun Marunda.

Pengungsi banjir yang menghuni Rusun Marunda diperkirakan mencapai 800 keluarga. Mereka menghuni Blok 2, 3, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11 di Klaster B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com