Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Tutup Jalan depan Patung Kuda Arah Harmoni

Kompas.com - 10/04/2013, 13:07 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiba di depan Kementerian Bidang Kesejahteraan Rakyat, seribu buruh yang melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia menutup jalan. Mereka berhenti di depan Jl Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan Patung Kuda arah Harmoni.

Jalan dari arah Bundaran HI menuju Harmoni pun macet. Tidak ada kendaraan yang bisa melintasi kawasan tersebut.

"Tidak ada penutupan jalan, tapi buruh yang menutupi jalan," kata Ajun Komisaris Tri Wahyono di lokasi, Rabu (10/4/2013).

Wahyono mengatakan, para pengguna jalan yang ingin melewati jalan Merdeka Barat harus memutar melewati Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Tidak hanya mobil pribadi dan motor saja yang terganggu akibat aksi buruh yang sampai menutup jalan ini. Bahkan bus transjakarta pun terpaksa harus memutar melewati jalan-jalan alternatif tersebut.

"Tapi kalau aksinya berlangsung lama, kita akan tutup jalan ini," ucap Wahyono.

Di Kemenko Kesra, massa menuntut revisi PP No. 101 tahun 2012 tentang penerimaan bantuan iuran, dan juga revisi Perpres No 12 th 2013 tentang Jaminan Kesehatan serta menolak sistem outsourcing di BUMN.

"Kalau Mekokesra main-main dengan aksi kita hari ini, maka pada 1 Mei mendatang persiapkan diri, satu juta orang akan keluar dari pabrik," ujar orator di depan Gedung Kemenko Kesra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com