Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Mau Rutin "Road Show" ke Sekolah

Kompas.com - 10/04/2013, 17:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi menggeser budaya negatif di sekolah-sekolah di Jakarta diperlukan sosok yang mau mendengar semua aspirasi dan wadah untuk menampung kreativitas siswa. Sadar akan hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku akan melakukan kunjungan rutin ke sekolah-sekolah.

Jokowi mengaku akan rutin mengunjungi sekolah, khususnya di tingkat SMP dan SMA (sederajat). "Saya ingin road show, ingin muter-muter untuk ngajak anak-anak agar mereka tahu dan merasa bahwa kita ini satu saudara, satu kota, satu negara," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Menurut Jokowi, rasa persaudaraan antarsiswa perlu ditanamkan lebih dalam. Pasalnya, rasa persaudaraan itulah yang nantinya mampu menekan, bahkan menghilangkan tingginya kasus perkelahian antarpelajar.

Mengenai kunjungan rutinnya, Jokowi masih memikirkan nama untuk mengemas kegiatan itu. Ia berencana kunjungan itu akan dilakukan sebulan sekali. Kalau memang diperlukan, maka intensitasnya ditingkatkan menjadi dua kali sebulan.

"Karena anak-anak memang butuh, butuh menyampaikan sesuatu kepada kita, kepada dinas, kepada sekolahnya. Dan aspirasi anak-anak itu harus ditangkap," ujarnya.

Pagi hari sebelumnya, Jokowi didapuk menjadi pembicara dalam dialog interaktif penanggulangan perkelahian pelajar di SMK Negeri 27 Jakarta Pusat. Acara itu sengaja digelar untuk menekan tingginya angka tawuran, sekaligus mengajak siswa SMA/SMK/MA di Jakarta untuk menyalurkan energinya ke hal-hal positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com