Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cybercrime@polri.go.id Bukan Punya Polri

Kompas.com - 11/04/2013, 17:35 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Polri memastikan surat elektonik dengan alamat cybercrime@polri.go.id bukan punya Polri. Untuk itu masyarakat diminta mengabaikan pesan berantai via pesan singkat telepon seluler, yang mengampanyekan alamat surat elektronik itu.

"Tidak benar kami menggunakan alamat surat elektronik itu. Ini sudah dikonfirmasi ke Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim, tidak ada yang pakai alamat itu. Situs cyber crime Polri bukan itu," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Suhardi Alius, Kamis (11/4/2013) sore.

Saat ini beredar informasi via pesan pendek telepon seluler yang berisi: Jika kalian mengalami penipuan dalam transaksi ONLINE, cukup kirim kronologis dan nomor rekening si penipu ke email cybercrime@polri.go.id.

Informasi menyesatkan itu juga ditambahi keterangan: POLRI akan langsung bertindak dengan memblokir ATM si penipu & melacak keberadaannya utk di tindak sesuai hukum. Share ke teman2 yg lain utk membantu mencegah maraknya penipuan online.

Menurut Irjen Suhardi Alius, masyarakat memang harus cerdas dan waspada dalam memanfaatkan konten di internet dan teknologi informasi atau komunikasi.

"Kalau telanjur menjadi korban, cepat lapor ke polisi terdekat. Harus resmi membuat laporan agar kami bisa segera menindaklanjuti dan berupaya menangkap pelakunya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com