Selasa, 21 Oktober 2014

News / Megapolitan

Infrastruktur

Jembatan Layang Summarecon Bekasi Diresmikan

Sabtu, 13 April 2013 | 18:30 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Pengoperasian jembatan layang KH Noer Ali Summarecon Bekasi diresmikan pada Sabtu (13/4/2013) malam. Jembatan yang pembangunannya dimulai pada 10 Maret 2010 itu akan diresmikan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto.

Peresmian juga akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua Umum Real Estat Indonesia Setyo Maharso, dan Komisaris Utama Summarecon Soetjipto Nagaria.

Jembatan layang yang dibangun atas pembiayaan Summarecon Bekasi, unit usaha PT Summarecon Agung Tbk, itu membentang sepanjang 1.022 meter. Jembatan layang menghubungkan Jalan Ahmad Yani dan kawasan terpadu Summarecon Bekasi.

Direktur Eksekutif Summarecon Bekasi Adrianto P Adhi mengklaim, jembatan layang yang melintasi rel itu berkonstruksi canggih, yakni metode balanced cantilever. Maksudnya, ada bentang sepanjang 130 meter yang melintasi rel dibangun tanpa tiang penyangga.

Adapun jembatan layang dinamai KH Noer Ali untuk mengenang jasa pejuang kemerdekaan asal Bekasi itu. KH Noer Ali dijuluki "Singa Bekasi" karena kegigihannya menentang penjajahan Belanda.


Penulis: Ambrosius Harto Manumoyoso
Editor : Nasru Alam Aziz