Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Lulus UN, Kakek Sani Ingin Kuliah

Kompas.com - 15/04/2013, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada kata terlambat bagi Abdullah Sani untuk mengejar ilmu setinggi mungkin. Meski usianya tak lagi muda, kakek tiga cucu itu tetap bersemangat mengejar cita-citanya untuk meneruskan studi di bangku kuliah.

Karena belum memiliki ijazah setara SMA, Sani harus mengikuti ujian nasional Kejar Paket C. Hari ini, pria berusia 69 tahun itu menjadi peserta ujian nasional Paket C di perguruan Al-Muhajirin, Depok, Jawa Barat. Tujuannya satu, setelah mendapat ijazah, ia ingin meraih gelar sarjana.

"Saya suka ditawarin ngajar, tapi kan harus S1, jadi saya niatnya mau kuliah setelah ini," ujarnya kepada wartawan saat akan melaksanakan ujian di Depok, Senin (15/4/2013).

Untuk mempersiapkan tes, Sani mengaku telah berlatih dengan menggunakan soal ujian 2-3 tahun lalu agar tidak kaget. Ia juga mengaku sering membaca buku-buku pelajaran sebagai persiapan ujian. Namun, faktor usia kerap menjadi kendala baginya, ia kerap lupa materi yang ia telah pelajari. "Daya ingat sudah mulai berkurang," tuturnya seraya tertawa.

Meski demikian, tekad Sani sama sekali tak berubah. Ia ingin terus belajar dan berlatih mengerjakan soal jelang pelaksanaan ujian. Sesekali ia merasa letih, juga karena faktor usia, sehingga ia terpaksa membatasi waktu belajarnya. "Ya kalau sudah cukup, berhenti," ujarnya.

Bagi Sani, usia tak boleh menjadi penghambat untuk belajar. Ia mengimbau kepada siswa-siswi yang masih muda usia untuk tetap semangat menuntut ilmu. Jangan sampai kalah dengan orang tua sepertinya. "Yang muda harusnya bisa lebih semangat lagi (dari saya)," katanya sambil tersenyum.

Hari ini Sani dan ribuan peserta ujian lain mengikuti ujian nasional untuk Paket C di perguruan Al-Muhajirin, Depok. Para peserta dari beragam usia mengikuti ujian yang dimulai siang tadi untuk memperoleh ijazah setara SMA. (Bahri Kurniawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com