Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Terlambat, Siswa Pun Resah

Kompas.com - 18/04/2013, 14:57 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

BONE BOLANGO, KOMPAS.com ujian nasional mata pelajaran Antropologi untuk jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, tidak bisa dilaksanakan tepat waktu, Kamis (18/4/2013).

Naskah soal yang seharusnya diujikan pada pukul 07.00 Wita, baru tiba di sekolah tersebut pukul 10.00 Wita sehingga gagal dilaksanakan tepat waktu.

Akibatnya, sebanyak 30 siswa jurusan bahasa di sekolah tersebut menganggur saat kawan-kawan mereka di jurusan lain tengah mengerjakan ujian. Para siswa jurusan bahasa hanya duduk berkumpul dan bernyanyi. Sesekali mereka bertepuk-tepuk tangan.

"Kami begini untuk menghilangkan stres. Terus terang kami kecewa, gelisah, galau, semua campur jadi satu," kata Nur Rahmalia Badrun, salah seorang siswi yang batal ujian.

"Kami iri melihat kawan-kawan lain sudah mulai ujian, sedangkan kami di sini, ya, cuma seperti ini," ujarnya lagi.

Naskah soal Antropologi baru tiba pukul 10.00 Wita dan diantar langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolango Mery S Ngaju.

Menurut Mery, hari ini masih ada tiga sekolah di Kabupaten Bone Bolango yang sedang dalam proses distribusi soal ujian, yaitu SMA 1 Kabila, SMA 1 Suwawa, dan SMA 1 Bonepantai.

"Yang paling mendesak adalah SMA 1 Kabila ini karena mereka kekurangan naskah untuk Antropologi, sementara mata pelajaran itu yang diujikan hari ini," tutur Mery.

"Sementara untuk dua sekolah lain kekurangannya di ujian yang jadwalnya hari senin nanti. Namun, naskah untuk mereka tetap kami kirimkan hari ini," katanya.

Mery mengakui, pihak percetakan hingga saat ini tidak bisa memenuhi kekurangan naskah soal di ketiga sekolah tersebut. Sebagai gantinya, Dinas Pendidikan menggandakan naskah-naskah yang sudah ada. "Naskah kami fotokopi, sesuai dengan juknis (petunjuk teknis) yang ada," kata Mery.

Pihak sekolah sendiri mengungkapkan, mata pelajaran Antropologi tetap akan diujikan hari ini setelah ujian Sastra Indonesia berakhir. "Kira-kira dimulai pukul satu siang. Jadi, saat siswa jurusan lain pulang, siswa jurusan bahasa tetap tinggal," kata salah seorang panitia ujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com