Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi

Kompas.com - 19/04/2013, 09:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian siswa di beberapa wilayah pada tahun ini terpaksa mengerjakan Ujian Nasional (UN) langsung di atas naskah soal fotokopian lantaran naskah soal asli beserta lembar jawab yang sampai ke sekolahnya tak sesuai jumlahnya. Untuk menjawab persoalan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa naskah soal boleh difotokopi dengan pengamanan ketat dan para siswa yang mengalami kekurangan soal serta lembar jawab bisa mengerjakan langsung di atas naskah fotokopian tersebut.

"Anak-anak langsung saja menjawab di naskah. Misalnya jawaban A, ya langsung dibunderin atau disilang saja," kata Nuh saat dijumpai di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Setelah anak-anak mengisi jawaban di atas naskah soal, nantinya jawaban tersebut akan dipindahkan ke lembar jawab yang terkomputerisasi oleh tiga elemen, yaitu pihak kepolisian, dinas, dan universitas, sehingga saat dikoreksi tetap dilakukan menggunakan alat pemindai. Langkah ini tentu menuai kontroversi tersendiri karena rawan kecurangan dan berpotensi merugikan siswa.

"Kalau semua serba enggak percaya, ya enggak akan selesai. Yang pasti sudah dipastikan yang mindahkan tidak main-main," ujar Nuh.

"Ada masalah seperti ini, harus cari solusi, kalau sudah seperti ini harus diapain coba. Kalau terus dipersalahkan tidak akan selesai," tandasnya.

Seperti diketahui, akibat lalainya percetakan, naskah soal UN beserta lembar jawab yang ada di beberapa wilayah mengalami kekurangan. Bahkan tidak sedikit yang soalnya tertukar, misalkan untuk SMA menjadi soal SMK atau untuk jurusan IPA menjadi naskah soal jurusan IPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com