Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN SMP di Manggarai Barat Kacau

Kompas.com - 22/04/2013, 09:42 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP/MTs di Kabupaten Manggarai Barat, di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tidak bisa dilaksanakan sesuai jadwal, Senin (22/4/2013) mulai pukul 07.30. Hingga pukul 08.45 waktu setempat, bahan ujian belum tiba di Labuan Bajo, ibu kota kabupaten itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (PPO) Manggarai Barat, Marthen Magol, melalui saat dihubungi, mengakui pihaknya sudah diminta Kepala Dinas PPO NTT, Klemens Meba, supaya mempersiapkan pelaksanaan UN yang diundur pada pukul 12.00 hari ini. Penyebabnya,  harus menunggu di stribusi bahan dari Kupang melalui penerbangan Senin pagi dan diperkirakan tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, sekitar pukul 07.00.  

"Sampai sekarang (sekitar pukul 09.00) pesawatnya belum turun di Labuan Bajo. Kami malah dikhabari sebagian bahan UN untuk Manggarai Barat diturunkan di Ruteng (ibu kota Kabupaten Manggarai). Itu berarti harus menunggu waktu sekitar delapan  jam lagi, untuk perjalanan pergi pulang menjemput bahan ujian," katanya.

Distribusi bahan ujian dari Labuan Bajo ke sejumlah sekolah juga membutuhkan waktu lama. Marthen memberi contoh, misalnya perjalanan menuju SMP Negeri Ndoso (8 jam), SMP Satu Atap di Pulau Komodo (4 jam) atau SMP Satap Benteng Deda (7-8 jam).

Contoh lainnya, SMP Negeri I Macang Pacar di Kecamatan Bari, distribusi bahan ujian harus melalui laut, namun pelayaran dengan motor laut ternyata tidak setiap hari.

Karena berbagai kendala itu, maka pelaksanaan UN di Manggarai Barat dipastikan terganggu. "Barangkali hanya di di Labuan Bajo yang pelaksanaannya bisa hari ini, namun baru bisa dimulai siang sekitar pukul 14.00. Sementara sejumlah SMP di pendalaman atau di seberang laut, UN  mungkin besok baru bisa dilaksanakan," tuturnya.

UN SMP/MTs Manggarai Barat tahun ini diikuti  4.161 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com