Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini DKI Tambah 20 SPBG

Kompas.com - 22/04/2013, 20:58 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Andi Baso Mappapoleonro mengatakan, tahun ini DKI Jakarta akan menambah 20 stasiun pengisian bahan bakar gas atau SPBG. SPBG itu untuk menunjang program Pemerintah Provinsi DKI menambah unit bus transjakarta.

"Minimal 17 SPBG tahun ini. Mudah-mudahan Oktober-Desember selesai ya," kata Andi Baso saat ditemui di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Ia mengatakan, apabila PT Pertamina akan membangun 17 SPBG dan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja nasional, maka Pemprov DKI akan menambah tiga SPBG yang dianggarkan dengan menggunakan APBD DKI 2013. Dengan demikian, jumlah pengadaan SPBG di Ibu Kota tahun ini mencapai 20 SPBG.

Lokasi pembangunan tiga SPBG Pemprov DKI berada di kawasan Hek (Jakarta Timur), Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Adapun SPBG dari Pertamina akan dibangun di Cilandak, Lebak Bulus, dan lainnya. Andi menyatakan, pembangunan SPBG itu akan dilakukan kawasan pinggir Kota Jakarta.

"Harapan saya sih ada yang masuk ke tengah kota, tapi enggak tahu juga. Mungkin nanti kita mau tarik ke SPBU yang ada di Jakarta," kata Andi.

Saat ini pembangunan SPBG masih dalam tahap evaluasi pemenang tender oleh tim Percepatan Konversi BBM ke BBG. Andi menuturkan, molornya penambahan SPBG dikarenakan baru kali ini rapat mengenai penambahan pembangunan SPBG dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Sebelumnya, rapat hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah.

"Hambatannya koordinasi saja, yang hari ini baru diputuskan. Baru kali ini kan Pak Wagub yang hadir. Nah, sekarang Wagub dan Wamen (ESDM) sudah putuskan semuanya. Insya Allah enggak ada masalah," kata Andi.

Dari total 15 SPBG di Jakarta, saat ini hanya sembilan SPBG yang masih beroperasi. Enam SPBG lain tidak dapat digunakan. Dua SPBG sedang direnovasi, sehingga nantinya ada 11 SPBG yang beroperasi di Jakarta sebelum penambahan tahun ini.

SPBG yang saat ini beroperasi berlokasi di Daan Mogot, Kampung Rambutan, Jalan Pemuda, Pinang Ranti, Pancoran, Kalideres, Ancol, Cililitan, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com