Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta dan KRL Pakai E-Tiket

Kompas.com - 23/04/2013, 03:26 WIB

Jakarta, Kompas - Penggunaan tiket elektronik (e-tiket) mulai dilakukan operator kereta rel listrik dan Unit Pengelola Transjakarta Busway. Meski belum sempurna, tiket elektronik diharapkan memudahkan penumpang dan membuka peluang integrasi sistem antarmoda angkutan massal.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT KAI Commuter Jabodetabek mengujicobakan tiket elektronik kereta rel listrik (KRL) di jalur Jakarta Kota-Depok, Senin (22/4). Uji coba dilakukan hingga pelaksanaan sepenuhnya di bulan Juni.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo mengatakan, uji coba dilakukan untuk mengecek kesiapan sistem, petugas di loket, pintu masuk peron, serta menyosialisasikan sistem kepada penumpang. Tiket elektronik yang digunakan saat ini masih berupa tiket untuk satu kali perjalanan.

”Setelah sistem berjalan seluruhnya di bulan Juni, penumpang akan dimudahkan karena tiket elektronik bisa digunakan untuk setiap perjalanan KRL. Tiket elektronik ini nantinya menerapkan sistem potong saldo. Saldo tiket bisa diisi ulang penumpang,” ujarnya.

Jalur Jakarta Kota-Depok dipilih karena prasarana pintu elektronik dan mesin penyedia kartu di loket sudah terpasang.

Operator menyediakan dua jenis tiket, yakni tiket warna merah untuk penumpang commuter line dan tiket warna hijau untuk penumpang ekonomi.

Dari 1.700 tiket elektronik yang disediakan, kemarin, baru 830 yang terjual. Penjualan tiket elektronik pada hari pertama dibatasi pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Waktu uji coba akan terus ditambah pada hari selanjutnya, sampai pemberlakuan penuh sistem ini.

Karena sistem belum berjalan penuh dan masih ada dua jenis kelas KRL, petugas masih melakukan pengecekan tiket di atas kereta. Petugas membawa alat untuk membaca tanggal berlaku dan tujuan yang tertera dalam tiket yang dipegang penumpang.

Uji coba tiket elektronik belum dapat diberlakukan untuk jalur Depok-Jakarta karena peralatan di stasiun jalur lingkar Jakarta belum siap.

Sebelumnya, uji coba tiket elektronik KRL juga diberlakukan untuk jalur Duri-Tangerang mulai 1 April. Saat ini, penjualan tiket di jalur itu diberlakukan dari pukul 05.30 hingga pukul 17.52. Penjualan terbanyak tiket elektronik Duri-Tangerang mencapai 1.400.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com