Rabu, 26 November 2014

News / Megapolitan

May Day 1 Mei, Polda Metro Jaya Siap Layani Buruh

Selasa, 23 April 2013 | 13:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya tengah proaktif melakukan koordinasi dengan berbagai elemen buruh yang berencana untuk berunjuk rasa pada perayaan Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei. Polisi siap melayani para buruh agar pelaksanaan unjuk rasa berlangsung tertib dan lancar.

"Intinya kita akan melayani Hari Buruh, baik yang sifatnya unjuk rasa atau perayaan. Kita koordinasikan supaya perayaan Hari Buruh ini berjalan tertib," kata Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Sudjarno saat ditemui di Balai Polda Metro Jaya, Selasa (23/4/2013).

Polda Metro Jaya juga telah mengantisipasi gelombang buruh yang mungkin datang dari luar Jakarta untuk bergabung melakukan unjuk rasa di Ibu Kota.

"Sudah dikoordinasikan juga jika ada kedatangan buruh dari Jawa Barat dan sekitarnya. Nanti tergantung pemberitahuan yang masuk ke kita, mungkin teman buruh di Bekasi, di Cikarang, Tangerang. Dari pemberitahuan bisa kita mapping dan akan dilayani," kata

Menurutnya, polisi terus berupaya memberikan pemahaman aksi unjuk rasa yang baik agar para buruh dapat menyampaikan aspirasinya dalam suasana tertib dan aman.

Rencananya, pada peringatan Hari Buruh tanggal 1 Mei mendatang, atau yang dikenal dengan May Day, ribuan buruh dan aktivis pekerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan dan Gedung DPR/MPR serta enam kantor kementerian. Enam kantor kementerian itu adalah Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kementerian Kesehatan.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Heru Margianto