Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajari Calon Diplomat, Jokowi Pakai Sepatu Kets

Kompas.com - 23/04/2013, 17:08 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo selalu berpenampilan sederhana dalam setiap suasana. Bahkan, ketika didapuk memberikan materi di Diklat Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu), di Kementerian Luar Negeri, Gubernur DKI Jakarta itu tetap setia dengan sepatu ketsnya.

Jokowi pun bukan tipe yang bertele-tele. Ketika tiba di Gedung Kemenlu sekitar pukul 16.20, Selasa (23/4/2013) sore, ia langsung menuju auditorium tempat berlangsungnya diklat. Di depan para calon diplomat muda, dia berbagi banyak pengalaman dan paparan mengenai reformasi birokrasi.

Tanpa canggung, ia memulai materinya dengan pengalaman pribadi yang menggelitik selama terjun ke dunia politik secara tak sengaja.

Sekdilu adalah program pendidikan dan pelatihan fungsional diplomat dasar pada Kemenlu. Para calon diplomat muda akan ditempa selama delapan bulan dengan materi mengenai hubungan internasional, hukum, ekonomi, sosial budaya, serta isu lain yang terkait. Tahun ini, Sekdilu memasuki angkatan ke-37.

Seluruh siswanya merupakan peserta yang lolos seleksi pada tahun 2012, terdiri dari 27 siswa dan 32 siswi. Sekdilu dibentuk untuk membekali dan mempersiapkan calon diplomat muda. Lulusan Sekdilu diharapkan bisa bekerja profesional, andal, dan kompeten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com