Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Duka AC Mati atau Bocor di Bus Transjakarta

Kompas.com - 24/04/2013, 11:33 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Transjakarta sebagai sarana transportasi yang dibanggakan oleh warga Jakarta masih sering memberikan kenyamanan yang kurang untuk penumpangnya. Beberapa bus bahkan sering mengalami AC mati atau bocor.

Destiyani (24), salah seorang pengguna transjakarta koridor XI mengungkapkan, AC yang berada di armada tersebut sering mengalami kebocoran. Tentu saja yang sial yang berada di bawah AC, mengingat tak ada pilihan tempat dengan kondisi bus yang padat penumpang. Baju basah karena tetesan air AC.

"Saya pernah naik transjakarta tapi bocor AC-nya. Baju saya jadi basah karena busnya memang penuh dan jam pulang kantor," kata Destiyani kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2013).

Destiyani melanjutkan, dia juga pernah menaiki bus dengan kebocoran AC parah sampai empat kursi penumpang basah dan tidak bisa diduduki. Akhirnya, penumpang berdiri berdesakan supaya tidak terkena bocoran AC.

Tak hanya pengalaman tersebut, karyawan swasta ini juga pernah menaiki transjakarta yang AC-nya mati. Walhasil, pintu bus sebelah kanan dan kiri dibuka supaya udara bisa masuk. Dibukanya pintu bus terlihat sangat mengkhawatirkan karena penumpang bisa saja terjatuh dari bus saat sedang melaju.

Fierdiana (25), penumpang lainnya, menggunakan transjakarta dari Kuningan menuju Slipi Jaya. Sebagai penumpang, Fierdiana berharap supaya sarana transportasi publik lebih bisa diperhatikan.

Selain masalah AC bocor, kata Fierdiana, jadwal pemberangkatan bus sebaiknya diatur lebih baik. Beberapa waktu lalu dia pernah menggunakan bus tersebut, tetapi harus menunggu lebih dari 20 menit untuk menuju Kuningan dari Cawang. Sementara itu, dari arah sebaliknya, banyak bus transjakarta yang melintas.

Meskipun demikian, Fierdiana merasa nyaman untuk menggunakan transjakarta dibandingkan dengan bus kota. Pasalnya, bus tersebut memiliki peraturan yang sama seperti KRL dengan menyediakan tempat khusus untuk wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com