Rabu, 24 September 2014

News / Megapolitan

Hari Buruh

Jakut Fasilitasi Demo Buruh di 3 Lokasi

Jumat, 26 April 2013 | 12:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan usaha, pemerintah kota, dan kepolisian berencana memfasilitasi buruh untuk memeringati Hari Buruh pada 1 Mei 2013. Tiga lokasi disiapkan untuk menampung massa, yakni Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Lapangan Rawabadak Selatan, dan Ancol Taman Impian.

Wali Kota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, seusai rapat bersama dalam rangka hari buruh, di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Jumat (26/4/2013), mengatakan, panitia bersama telah ditunjuk untuk mengkoordinasi acara di setiap lokasi. Untuk KBN akan dikoordinasikan oleh PT KBN dan Bogasari, Ancol oleh PT Pembangunan Jaya Ancol bersama Asahimas dan Nippon Paint, dan Lapangan Rawabadak Selatan oleh PT Pelindo II dan Astra.

Bambang mengatakan, pihaknya mempersilakan buruh menyampaikan aspirasi di mimbar-mimbar bebas. Namun, pihaknya berharap tak ada gangguan keamanan dan ketertiban. Pemerintah kota juga mengimbau kalangan usaha memfasilitasi peringatan hari buruh agar berlangsung aman dan ceria.

Sejumlah perwakilan pengusaha yang hadir pada rapat itu menyatakan siap memfasilitasi kegiatan itu. Namun, beberapa menyatakan telah berkomunikasi dengan pekerja dan sepakat untuk tetap masuk kerja dan tidak menggelar unjuk rasa di jalan. Sebagian masih akan merumuskan langkah terkait peringatan hari buruh.


Penulis: Mukhamad Kurniawan
Editor : Agus Mulyadi