Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Jabatan Petahana Lebih Tegang

Kompas.com - 28/04/2013, 13:56 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Petahana atau pejabat yang sedang menjabat terlihat lebih tegang dibandingkan dengan peserta nonpejabat, dalam lelang jabatan di Pemprov DKI Jakarta. Petahana tidak bersedia menjelaskan penjelasan panjang lebar, bahkan sebagian menolak diwawancara wartawan seusai ujian kompetensi, Minggu (28/4/2013).

"Bukannya tidak mau diwawancara, saya mau ke kondangan. Saya buru-buru," tutur seorang peserta yang juga petahana, sambil berjalan cepat menuju kendaraannya di Sekolah Menengah Atas Negeri 70, Jakarta Selatan.

Beberapa sekretaris kecamatan juga tampak kaku seusai menjalani seleksi. Saat diwawancara, mereka terburu-buru dan melayani pembicaraan sambil berjalan. "Nilai baru saya ketahu hari Senin depan," tutur Sekretaris Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Khalid.

Hal itu berbeda dengan calon nonpejabat. Mereka lebih santai seusai seleksi. Mereka saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan membicarakan materi ujian hari ini.

"Saya tidak ada beban, tidak lolos pun tidak masalah. Ini pengalaman pertama bagi saya. Paling tidak orang mengenal saya sebaggai calon camat," tutur Sulistyono W, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara. Sulistyono bahkan menyempatkan foto bersama panitia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com