Jumat, 24 Oktober 2014

News / Megapolitan

Lelang Jabatan

Ada Lurah yang Sengaja Memilih Tidak Ikut

Minggu, 28 April 2013 | 18:10 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada lurah di Jakarta yang secara sadar tidak ikut lelang jabatan. Lurah itu siap dengan konsekuensi pilihan sikapnya. Bahkan jika menghadapi risiko pemecatan dari jabatannya.

"Saya memilih tidak ikut. Saya pejabat yang dilantik gubernur. Seharusnya sebelum lelang, saya dipecat dahulu. Lelang berlangsung sementara saya masih dalam posisi sebagai lurah," kata Mulyadi, Lurah Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (28/4/2013) di Jakarta.

Menurut Mulyadi, lelang jabatan yang digelar Pemprov DKI Jakarta ide yang bagus. Hal ini bagian dari reformasi birokrasi, agar menjadi lebih transparan dan bagus. "Tetapi upaya transparansi ini harus dilakukan dengan cara yang benar," kata Mulyadi.

Menurut dia, lelang jabatan bisa berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Pencopotan lurah maupun camat karena proses lelang, belum ada landasan hukumnya. "Saya bukan barang bekas, sebaiknya tidak perlu dilelang. Kami lurah dan camat yang diangkat dengan SK (surat keputusan) gubernur," kata Mulyadi.


Penulis: Andy Riza Hidayat
Editor : Agus Mulyadi