Senin, 22 Desember 2014

News / Megapolitan

Pimpinan Buruh: 1 Mei, Sudirman-Thamrin Tertutup Total 7 Kilometer

Selasa, 30 April 2013 | 16:52 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Wilayah Sudirman-Thamrin, yang dikenal sebagai "nadi" Ibu Kota, diprediksi akan tertutup penuh oleh ratusan ribu buruh yang akan menggelar aksi May Day di Jakarta, 1 Mei 2013 besok.

"Sudirman-Thamrin akan tertutup total. Panjangnya kemungkinan sampai 7 kilometer," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuawea dalam pertemuan dengan Polda Metro Jaya, Selasa (30/4/2013) di Mapolda Metro Jaya.

Untuk jalur tol, kata Andi, pihaknya mengatakan bahwa buruh yang berada di bawah Majelis Pekerja Buruh Seluruh Indonesia (MPBSI) tidak akan melakukan pemblokadean jalur tol. "Instruksi kami jelas. Tidak ada blokade jalan tol," kata Andi.

KSPSI, kata Andi, memiliki 20 cabang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Organisasi buruh itu disebutnya merupakan yang terbesar dan berada di bawah MPBSI dengan klaim 8 juta buruh masuk dalam organisasi itu.

"Kami punya ruang yang punya hak organisasi dari elemen kami dan punya hak berdemokrasi. Kami sudah berpesan agar menjaga situasi kondusif dan aman," ujarnya.

Presiden Konferedasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal, menuturkan, pada hari Selasa ini, sudah ada 150 ribu buruh yang mengonfirmasi akan melakukan aksi di Jakarta besok. Mereka tergabung dari buruh asal wilayah Jabodetabek dan daerah lainnya. Aksi mereka sendiri akan mendapat pengawalan dari puluhan ribu personel Polda Metro Jaya.

Berita terkait, baca :

DEMO BURUH


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Hertanto Soebijoto