Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Mulai Bubar, Jalan Depan Istana Dibuka

Kompas.com - 01/05/2013, 17:40 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang petang, para buruh yang melakukan unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Utara, tepatnya di depan Istana Merdeka, mulai membubarkan diri dengan tertib. Rabu (1/5/2013) sekitar pukul 17.20, buruh mulai meninggalkan lokasi tersebut dengan diiringi oleh alunan lagu mars buruh.

Mereka langsung berpencar, ada yang kembali ke bus yang diparkirkan di Monumen Nasional, ada yang kembali ke Bundaran Hotel Indonesia untuk mengambil kendaraan mereka. "Kami berterima kasih kepada semuanya, terutama petugas polisi yang telah menjaga kami," ujar orator di atas mobil bak terbuka, Rabu.

Walaupun belum ada jawaban dari tuntutan mereka, para buruh sudah merasa senang karena salah satu tuntutan mereka sudah dipenuhi. "Kami sangat senang, 1 Mei tahun depan, itu merupakan hari libur nasional," kata orator.

Saat ini beberapa buruh masih berada di sekitar kawasan Monas untuk beristirahat dan berfoto bersama polisi yang masih berjaga-jaga di lokasi tersebut. Sementara itu, petugas kebersihan jalan langsung bergerak cepat untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di depan Istana Merdeka. Adapun jalur lalu lintas sekitar Istana saat ini sudah bisa dilintasi kendaraan setelah sempat ditutup siang tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com