Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selidiki Dugaan Malapraktik, Keluarga Izinkan Makam Anna Digali

Kompas.com - 04/05/2013, 07:03 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anna Marlina Simanungkalit (38), pasien meninggal yang diduga merupakan korban dugaan malapraktik Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur telah dimakamkan. Namun, jika dimungkinkan, makam Anna akan digali kembali untuk kepentingan otopsi penyelidikan kasus dugaan malapraktik tersebut.

"Kami ditanya penyidik, siap enggak diotopsi jenazah (Anna) digali supaya diperiksa lagi? Keluarga (suami Anna) sudah menyatakan siap," kata Yaser Panjaitan, salah satu kuasa hukum suami Anna, Pandapotan Manurung (41), pelapor kasus tersebut, Jumat (3/5/2013). Namun, Yaser mengatakan hal tersebut begantung dari keputusan penyidik apakah akan melakukan otopsi atau tidak. T

"Itu kemungkinan besarnya. Untuk permintaan otopsi demi kepentingan penyidikan. Jadi di makam itu juga (pelaksanaan otopsinya)," ujar Yaser. Seperti diberitakan, Pandapotan Manurung melaporkan dokter RSUP Persahabatan beinisial BHS ke Polda Metro Jaya, Senin (22/4/2013). Ia menilai sang dokter melakukan kesalahan diagnosis terhadap istrinya sehingga meninggal dunia.

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan membantah bahwa insiden kematian Anna disebabkan oleh malapraktik. Hal itu terungkap dalam audit medik yang dilakukan oleh rumah sakit seusai kasus tersebut mencuat di pemberitaan media massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com