Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Bakti Berlanjut pada Pembuatan TPS

Kompas.com - 05/05/2013, 18:18 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Program kerja bakti yang dilaksanakan warga Lagoa dan Penjaringan, Jakarta Utara, bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus berlanjut. Tak sampai di situ, program tersebut kini berlanjut pada pembuatan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di setiap Rukun Warga (RW).

Menurut Koordinator Relawan Jakarta Bersih, Anto, fokus kerja mereka sekarang lebih ke pembangunan TPS di setiap RW. "Kami sekarang sudah tidak fokus lagi pada kerja bakti tiap minggu. Hampir setiap RW sudah menjalankan program kerja bakti mingguan. Program ini sudah diserahkan kembali kepada warga di daerah masing-masing," terang Anto yang juga tergabung dalam Relawan Muda, kepada Kompas.com, Minggu (5/5/2013).

Anto berharap program menjadikan Jakarta sebagai kota yang bersih tak hanya berhenti sampai tahap kerja bakti. Dengan membangun TPS di tiap wilayah RW, dinas kebersihan tidak akan kesulitan untuk mengatur sampah yang akan dibawa ke Tempat Penampungan Akhir (TPA).

"Sebenarnya, dinas kebersihan itu kan hanya mengangkut sampah dari TPS ke TPA. Adapun sekarang, TPS masih sangat jarang, apalagi di tiap wilayah RW," tambah Anto.

Anto dan relawan lainnya telah berhasil membuat dua TPS di wilayah Wijaya Kusuma RW 03 dan RW 08, Jakarta Barat. Adapun untuk wilayah lainnya masih dalam proses mediasi dan pencarian lahan. "Kami masih mediasi. Banyak juga warga yang menolak di RW-nya ada TPS. Alasannya karena bau dan sebagainya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com