Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Perbudakan, Massa Buruh Datangi Rumah Pemilik Pabrik

Kompas.com - 06/05/2013, 13:16 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Massa buruh gabungan dari SBSI, FSP TSK, dan GSBI, Senin (6/5/2013), memprotes perbudakan yang dilakukan di sebuah pabrik kuali di Kampung Bayur Opak RT 003 RW 06, Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang.

Mereka mendatangi kediaman pemilik pabrik kuali tersebut, Yuki Irawan, dan merusak pintu pagar rumahnya.

"Pemilik rumah ini biadab! Dia tak patut dilindungi hukum!" teriak Gandi, salah satu buruh.

Aksi buruh tersebut merupakan bentuk solidaritas mereka terhadap 34 buruh pabrik kuali yang mengalami penyiksaan selama bekerja untuk Yuki.

Buruh coba merangsek rumah milik Yuki Irawan yang terletak persis di samping pabrik kuali. Namun, mereka dihalangi petugas polisi sehingga hanya bisa merobohkan pagar rumah.

Setelah puas merobohkan pagar, para buruh bergerak ke Kantor Lurah Lebak Wangi. Namun, Lurah Mursan yang dicari tidak ada di tempat. Mursan adalah adik ipar dari Yuki Irawan yang diduga turut terlibat dalam kasus tersebut dengan memberikan surat izin usaha.

Massa buruh masih mencoba mencari Mursan di rumahnya Kampung Bayur Rawa Bambu RT 005 RW 010, Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. Buruh juga merusak pintu pagar rumah Mursan.(Valentino Verry)

Ikuti cerita selengkapnya di topik pilihan "Perbudakan di Tangerang"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com