Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jakarta Baru, Jakarta Kita" Jadi Tema HUT DKI

Kompas.com - 06/05/2013, 22:17 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi meluncurkan logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 Kota Jakarta. Peluncuran ini langsung disampaikan oleh Asisten Pemerintahan DKI Sylviana Murni yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia HUT ke-486 DKI.

"Logo dan tema peringatan HUT Jakarta kali ini terinspirasi oleh penggambaran Jakarta yang penuh keragaman sebagai miniatur Indonesia," kata Sylviana di Balaikota Jakarta, Senin (6/5/2013).

Logo HUT Jakarta tahun ini terbentuk dari beberapa daun dan air yang sederhana dan berfilosofi kedekatan antarbudaya di Indonesia. Ilustrasi gambar puncak Monas sebagai simbol logo di sekelilingnya menjadi lambang Ibu Kota dan warna-warni sebagai simbol keberagaman. Logo itu juga dilandaskan pada nilai-nilai multikultural di Jakarta.

Sylviana berharap makna yang terkandung dalam logo itu dapat menumbuhkan apresiasi, kepedulian, dan kecintaan masyarakat Ibu Kota terhadap karya seni dan budaya anak bangsa, khususnya budaya Betawi.

Sementara itu, tema yang diusung di HUT Jakarta tahun ini adalah "Jakarta Baru, Jakarta Kita". Tema itu memiliki makna kerakyatan dalam kebersamaan. "Tema itu juga berarti adanya semangat untuk mengubah dan menata Jakarta yang lebih manusiawi (humanis), memiliki masa depan yang lebih baik (futuris), memiliki kekhasan (branding) dengan tetap menjaga keragaman yang tumbuh dan berkembang di Jakarta (pluraris)," kata Sylviana.

Perayaan HUT Jakarta tahun ini lebih semarak dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sekitar 35 kegiatan digelar untuk memeriahkan perayaan HUT ke-486 DKI, antara lain, Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarta Fashion and Food Festival, dan berbagai kegiatan olah raga dan seni.

Pencanangan HUT ke-486 Jakarta akan dilakukan pada Minggu (2/6/2013) mendatang di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulo Gadung, Jakarta Timur. Di malam puncak ulang tahun Jakarta pada 22 Juni 2013, akan digelar Jakarta Night Festival dengan konsep car free night dan sejumlah panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com