Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Penataan Pedagang Jangan Asal Gerebek-gerebek

Kompas.com - 09/05/2013, 13:25 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengimbau kepada aparatnya agar tidak menggunakan kekerasan dalam menata pedagang kaki lima (PKL).

"Intinya, penataan pedagang tidak sesuai dengan keinginan mereka, tidak langsung digerebek-gerebek," kata Jokowi seusai mendengarkan keluhan para pedagang Pasar Minggu Blok D, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).

Sebelum melakukan penataan PKL, kata dia, sebaiknya para aparat, baik dari personel Satpol PP, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) DKI, maupun PD Pasar Jaya menempuh jalur komunikasi. Dengan demikian, kedua belah pihak mendapatkan jalan keluar win-win solution.

"Mestinya kan alangkah baiknya kalau mereka diajak bicara dahulu, diajak musyawarah dan dirembuk bareng-bareng begitu," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi melakukan tinjauan ke Pasar Minggu Blok D untuk menindaklanjuti laporan para pedagang beberapa waktu lalu. Di pasar tersebut, Jokowi juga meninjau kondisi pasar yang dalam keadaan becek dan tidak tertata rapi.

Kehadiran Jokowi itu disambut para pedagang dengan histeria. Mereka berebut ingin bersalaman dengan Gubernur DKI Jakarta itu. Para pedagang juga meminta Jokowi tidak melupakan janji-janjinya saat kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com