Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Uang Asing, Pembantu Digelandang ke Polisi

Kompas.com - 09/05/2013, 22:09 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pembantu rumah tangga, Sumarni (27) tertangkap basah sedang mencuri mata uang asing milik majikannya di Perumahan Duta Mas Blok B 5, Kelurahan Wijayakusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (9/5/2013).

"Tersangkanya memang bekerja sebagai pembantu di rumah tersebut. Dia berstatus janda dengan dua orang anak," kata AKP Budi Setyadi, Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren kepada wartawan, Kamis (9/5/2013).

Budi menuturkan, awalnya sang majikan Boe Suryani (57) bersama anaknya pergi keluar rumah karena ada keperluan.

Saat kembali ke rumah, ternyata uang asing milik Boe Suryani sudah tidak ada di laci lemari kamar. Kemudian Boe dan anaknya bertanya kepada Sumarni soal uang tersebut. Sumarni mengatakan dirinya tidak mengetahui perihal uang tersebut.

Tak lama kemudian, Budi melanjutkan, Sumarni minta izin majikannya untuk pergi ke kamar mandi. Curiga, sang majikan mengikuti Sumarni ke kamar mandi.

Di sana Boe menemukan satu kantong plastik hitam yang ditaruh di dalam sebuah ember. Ternyata di kantong plastik itulah Sumarni menyembunyikan uang yang dicurinya.

"Ternyata uang-uangnya dia sembunyikan di dalam kantong plastik," kata Budi.

Budi menambahkan, sang majikan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Tanjung Duren. Polisi yang datang ke rumah Boe menyita uang asing berupa 20 lembar mata uang China pecahan 100 yuan, tiga lembar uang dolar Singapura pecahan 50 dolar, dan satu lembar ringgit Malaysia pecahan 50 ringgit.

Jika dijumlahkan seluruhnya, uang asing tersebut bernilai Rp 4 juta.

Polisi juga menyita satu buah dompet bermerk Mont Blanc yang dipakai untuk menyimpan uang-uang asing tersebut.

Budi menambahkan, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan Mapolsek Tanjung Duren untuk mengetahui apakah pelaku melakukan kejahatan tersebut seorang diri atau bersama komplotannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com