Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Penataan Kampung Selesai 4 Bulan

Kompas.com - 09/05/2013, 22:15 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjanjikan program penataan kampung masing-masing wilayah dapat diselesaikan dalam jangka waktu empat bulan.

Apalagi, lanjut Jokowi, apabila warga rajin dan gesit ikut melakukan penataan, maka perbaikan kampung itu akan selesai lebih cepat dari target semula.

"Empat sampai lima bulanlah. Kalau warga ingin cepat dan kerja cepat, ya bisa saja dipercepat," kata Jokowi, di Petogogan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).

Sementara untuk penataannya, Jokowi menyerahkan semuanya kepada warga. Nantinya, warga yang akan bersepakat akan ditata seperti apa kampung mereka.

Dengan catatan, kampung itu harus diubah menjadi lebih baik dan tertata, mulai dari infrastruktur yang tertata, septic tank komunal dan dengan drainase yang ideal.

"Yang paling penting itu sudah ada persetujuan warga, jadi ya sudah bisa dimulai, dan tanahnya juga bukan tanah sengketa. Yang paling penting itu," kata alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu.

Setelah melakukan sosialisasi di Tanah Tinggi, Jokowi melanjutkan sosialisasinya di kawasan Petogogan, yang merupakan 'langganan' banjir.

Rencananya penataan kampung Petogogan akan dimulai Juni 2013 dan menggunakan dana APBD 2013 secara penuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com