Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Se-Belanda Penasaran dengan Jokowi

Kompas.com - 10/05/2013, 12:09 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kemasyhuran nama Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta yang suka blusukan sampai juga di Belanda. Saat kunjungan ke Jakarta, 20 wali kota di Belanda pun berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta.

Jose Heijmans, Presiden Netherland Leprosy Relief (NLR) yang juga Wali Kota Weert, mengatakan apresiasi positifnya bisa bertemu Gubernur DKI yang kerap blusukan tersebut. Menurutnya, kunjungan mereka ke Balaikota hanya untuk bersilaturahim dengan Gubernur DKI.

Namun, karena kesibukannya, Jokowi tidak bisa menemani lama-lama para wali kota tersebut. Mereka hanya sempat berfoto bersama. Setelah itu, mereka bertemu dengan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

"Biasa, kunjungan persahabatan. Ini kan baik. Saya enggak ikut pertemuan, hanya kebagian foto-foto saja di sini," ujar Jokowi didampingi beberapa wali kota se-Belanda, Jumat (10/5/2013).

Para wali kota tersebut adalah anggota NLR, LSM yang mengurusi penderita lepra di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. LSM yang memiliki cabang hampir di tiap kota di Indonesia tersebut diketahui telah menjalin kerja sama selama lebih dari 25 tahun dengan Pemerintah Indonesia.

LSM itu mencari donatur melalui pertandingan-pertandingan sepak bola di seluruh dunia. Salah satunya yakni rencana pertandingan futsal dengan pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan digelar pada Jumat malam di lapangan futsal di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah sang Gubernur akan ikut dalam pertandingan persahabatan tersebut atau tidak. Saat ditanya, Jokowi hanya menjawabnya dengan guyonan. "Bodinya kayak gitu, bodi saya begini, ditabrak gimana? Ditabrak patah, gimana coba," ujarnya berkelakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com