Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syamsudin Noor Antusias Dilantik Jadi Wali Kota di Setu Babakan

Kompas.com - 14/05/2013, 11:18 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Syamsudin Noor, Plt Wali Kota Jakarta Selatan yang akan segera dilantik secara resmi menjadi Wali Kota, mengaku senang dilantik di Setu Babakan. Dia berjanji, pasca-dilantik, akan lebih mempromosikan Setu Babakan menjadi tempat pariwisata tujuan utama di Jakarta.

"Perhatian pada tempat ini akan lebih banyak karena Setu Babakan ini adalah suatu tempat yang memberikan pemahaman lebih luas pada anak-anak kita tentang budaya Betawi. Jika sudah tidak ada yang seperti ini, maka akan sangat disayangkan sekali," kata Syamsudin saat dijumpai di sela-sela gladi resik pelantikan Wali Kota di Setu Babakan pada Selasa (14/5/2013).

Mengenai pelantikannya yang tidak dilakukan di kantor tetapi dilakukan di tempat terbuka, Syamsudin menanggapi hal tersebut dengan antusias. Menurutnya, sudah sepatutnya para pelayanan masyarakat tidak dilantik di dalam kantor, tetapi di tempat yang lebih mendekatkan pada masyarakat.

"Lebih senang karena lebih dekat dengan masyarakat, kita kan pelayan masyarakat. Apalagi dilakukan di kawasan pusat budaya Betawi seperti ini," ujarnya.

Setu Babakan merupakan danau buatan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Danau dengan kedalaman 1-5 meter, yang airnya berasal dari Sungai Ciliwung, ini adalah tempat yang berfungsi sebagai pusat budaya Betawi, suatu area yang dijaga untuk menjaga warisan budaya asli Jakarta.

Sebelum di Setu Babakan, acara pelantikan Wali Kota di DKI Jakarta yang tidak dilakukan di kantor juga pernah dilakukan saat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto dan Husein Murad di lapangan bola RW 05, Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis (20/12/2012). Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan bahwa tujuan pelantikan di tengah masyarakat adalah agar Wali Kota bisa melihat langsung masalah di wilayahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com