Kamis, 23 Oktober 2014

News / Megapolitan

Transportasi

Bulan Juni, 63 Stasiun KA Menggunakan Tiket Elektronik

Kamis, 16 Mei 2013 | 19:18 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com-  Pada bulan Juni 2013, tiket elektronik akan mulai diberlakukan di 63 stasiun di Jabodetabek.

Saat ini, sekitar 145.000 pengguna KRL sudah mencoba memakai tiket elektronik selama masa uji coba.

Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa, Kamis (16/5/2013), mengatakan uji coba dilakukan secara bertahap sejak tanggal 8 April.

Hingga saat ini, sudah tiga jalur yang diberlakukan uji coba tiket elektronik yakni lintas Duri, jalur Jakarta Kota-Depok, dan jalur lingkar Jakarta.

"Dalam rangka peningkatan infrastruktur dan sistem otomatisasi kontrol penumpang, pada bulan Juni 2013 program tiket elektronik satu kali perjalanan (single trip) akan diberlakukan pada 63 Stasiun di Jabodetabek," kata Eva dalam keterangan pers.

Guna menunjang penerapan tiket elektronik secara menyeluruh, kini tengah dilakukan pemasangan 323 perangkat pintu elektronik di pintu masuk dan pintu keluar menuju peron, serta pemasangan 462 perangkat otomatisasi sistem pada loket yang terdapat di 63 stasiun Jabodetabek.

Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai kebutuhan.Setelah tiket elektronik satu kali perjalanan diterapkan pada Juni mendatang, PT KCJ juga akan memberlakukan tiket isi ulang dengan sistem potong saldo untuk setiap perjalanan yang dilakukan atau disebut tiket multitrip.


Penulis: Agnes Rita Sulistyawaty
Editor : Tjahja Gunawan Diredja