Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatahillah Sah sebagai Wali Kota Jakbar

Kompas.com - 17/05/2013, 08:47 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo resmi melantik Fatahillah yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Pusat menjadi Wali Kota Jakarta Barat. Pelantikan Fatahillah dilaksanakan di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Pantauan Kompas.com, Jokowi datang menggunakan setelan jas hitam dan didampingi oleh istrinya, Iriana Widodo, yang menggunakan kebaya oranye. Hingga pukul 08.15 WIB, acara pelantikan masih berlangsung dengan khidmat.

Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta eselon I, II, dan III tampak hadir dalam pelantikan itu. Para penghuni rusunawa juga tampak antusias menyaksikan prosesi tersebut.

Untuk diketahui, dalam beberapa pekan terakhir ini, Jakarta Barat tidak memiliki pemimpin wilayahnya. Pasalnya, wali kota sebelumnya, Burhanuddin, mengundurkan diri dari jabatannya karena mencalonkan diri menjadi anggota DPRD DKI dari Partai Gerindra.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat Sukarno juga memasuki masa pensiun. Jakarta Barat hanya dipimpin oleh Sekretaris Kota Jakarta Barat Rustam Effendi.

Tradisi pelantikan pimpinan kota di DKI Jakarta yang biasanya dilakukan di Balaikota Jakarta berubah sejak Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama memimpin Ibu Kota. Sebelumnya, Jokowi pernah melantik Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto dan wakilnya, Husein Murad, di Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Setelah itu, beberapa hari lalu, Jokowi juga melantik Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor di Setu Babakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com