Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Waduk: Kami Tak Anarkis, Hanya Ingin Dialog

Kompas.com - 18/05/2013, 10:23 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Muara Baru yang tinggal di bantaran Waduk Pluit menegaskan bahwa mereka tidak berniat melawan, tetapi hanya menginginkan dialog. Warga menolak anggapan yang mengatakan mereka anarkis.

"Sebelum ada mediasi, kita tetap sepakat bertahan. Kita tak berniat anarkis, warga Muara Baru cuma satu, menginginkan dialog. Itu win-win solution yang terbaik," kata juru bicara warga Muara Baru, Alwi, saat dijumpai Sabtu (18/5/2013).

Menurut Alwi, mereka diberi tahu untuk mengosongkan permukiman mereka sejak 15 Mei yang lalu. Namun, warga Muara Baru tetap tidak akan beranjak sampai dialog diadakan.

"Pemberitahun 3 x 24 jam harus dikosongkan batasnya hari ini, kalau tidak akan dipaksa. Tapi, kita tidak akan takut, bukan berarti melakukan perlawanan, tapi cuma ingin dialog," tegas Alwi.

Alwi juga mengatakan bahwa warga menagih janji kampanye Jokowi saat Pemilihan Gubernur yang akan mengedepankan dialog dengan warga tanpa mengedepankan tindakan represif. "Kami siap menahan (aparat) sampai adanya dialog. Belum ada dialog sama sekali, kami menagih Pak Jokowi untuk berdialog dengan warga sesuai janjinya," ujar Alwi.

Pengamatan Kompas.com di lokasi pada Sabtu pagi, puluhan aparat, baik dari kepolisian maupun Satpol PP telah bersiaga di lokasi. Namun, belum dapat dipastikan apakah proses eksekusi lahan akan jadi dilakukan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com