Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober, Jakarta Punya Bus Tingkat

Kompas.com - 19/05/2013, 08:50 WIB
Indra Akuntono

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membeli lima unit bus tingkat pada Oktober 2013 mendatang. Pembelian kelima unit bus tingkat itu khusus ditujukan untuk dioperasikan di tempat-tempat wisata di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Minggu (19/5/2013) di Solo, Jawa Tengah, mengatakan bahwa pembelian bus tingkat pariwisata itu sama seperti yang pernah ia lakukan di Solo saat ia menjadi wali kota di sana. Ia berharap kehadiran bus-bus ini mampu mendongkrak daya tarik wisata di Jakarta.

"Bus (tingkat) ini khusus wisata, nanti Oktober kita punya lima buah. Bisa (ditempatkan) di Kota Tua, Ancol, Taman Mini, dan lainnya," kata Jokowi.

Jokowi sering kali menyampaikan keinginannya agar karakter wajah Ibu Kota bisa lebih ditonjolkan. Ibarat sebuah produk, Jokowi menilai karakter menjadi penting sebagai kekhasan dan pembeda dari kota lainnya. Atas dasar itu, Jokowi meminta semua bawahannya, khususnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Tata Ruang DKI, untuk menentukan posisi Jakarta. Semua diminta menentukan brand yang akan dibangun dan ditonjolkan di Ibu Kota.

Jokowi tak ingin tagline "Enjoy Jakarta" justru berbanding terbalik dengan kondisi Ibu Kota yang sebenarnya. "Kota sebagai produk harus kita tentukan positioning-nya mau di mana? Brand yang mau kita bangun itu seperti apa? Cara promosi seperti apa? Seperti kita mau ke Paris, kita bayangin modenya. Nah, Jakarta ini ingin seperti apa?" ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com