Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPBG Mampang Layani Transjakarta Koridor VI dan IX

Kompas.com - 19/05/2013, 11:36 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, Stasiun Pengisian Bahan Bajar Gas (SPBG) di Mampang, Jakarta Selatan, telah dibuka. SPBG ini dapat digunakan untuk pengisian bahan bakar bus transjakarta Koridor VI (Kuningan-Ragunan) dan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).

"SPBG baru di Mampang, Jakarta Selatan, akan melayani transjakarta koridor VI dan IX," kata Pristono dalam peluncuran SPBG mobile oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (19/5/2013).

Pristono mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pemerintah pusat melalui PGN bersepakat membangun 50 SPBG baru di Jakarta dalam satu tahun ke depan. Ia menyebutkan, dengan keberadaan SPBG Mampang, saat ini sudah ada delapan SPBG aktif di Jakarta. "Sehingga kedepannya pelayanan SPBG tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan untuk transportasi umum, tetapi juga untuk kebutuhan peralihan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas untuk kendaraan pribadi," kata Pristono.

Ia menilai konversi BBM ke BBG ini sangat penting demi efisiensi energi dan lingkungan yang bersih dan bebas polusi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Andi Baso Mappapoleonro mengatakan, tahun ini Jakarta akan memiliki 20 SPBG. Dari jumlah itu, PT Pertamina akan membangun 17 SPBG dan menggunakan APBN, Pemprov DKI akan menambah tiga SPBG yang dianggarkan dengan menggunakan APBD DKI 2013.

Lokasi pembangunan tiga SPBG yang akan dibangun Pemprov DKI, yaitu di kawasan Jakarta Utara, Hek (Jakarta Timur), dan Jakarta Barat. Adapun SPBG dari Pertamina akan dibangun di Cilandak, Lebak Bulus, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com