Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Semarang, Siswa SD Diculik Mantan Guru Les Privat

Kompas.com - 21/05/2013, 05:56 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Seorang siswa sekolah dasar (SD) Tlogosari Kulon II Semarang, Dimas Dani Saputra (13), menjadi korban penculikan. Pelaku tidak lain adalah mantan guru les privatnya yang juga pernah tinggal satu RT dengan korban.

Dani dibawa pelaku sejak Sabtu (18/5/2013) siang. Pelaku yang diketahui bernama Adit kemudian berhasil ditangkap di sebuah warung internet di kawasan Tembalang, Semarang, Senin (20/5/2013) malam.

Kakak korban, Nina Wulan (20), saat ditemui di Mapolrestabes Semarang mengatakan, pada Sabtu siang itu adiknya pamit mau ke rumah temannya. Namun, hingga malam justru tidak pulang. Ia kemudian bertanya kepada sejumlah teman adiknya dan bilang jika korban pergi bersama pelaku.

"Lalu saya telepon malah yang jawab perempuan, saya tanya di mana adik saya, malah jawabnya tidak jelas. Lalu orang itu SMS pakai nomor adik saya itu, isinya mengancam," kata Nina. Kepada keluarga korban, pelaku meminta uang Rp 50 juta dengan dalih mau meminjam.

Pelaku berjanji akan mengembalikan secara mencicil. Namun, sebelumnya juga ada pesan singkat berisi ancaman agar tidak lapor polisi jika mau adiknya selamat. Nina mengatakan, pelaku mengaku sebagai mahasiswa Undip Jurusan Matematika yang sudah drop out (DO) sejak 2008. "Jadi guru les privat adik saya sejak kelas IV SD, dan yang Rp 50 juta itu katanya mau pinjam, tapi saya enggak percaya. Kalau orang baik-baik pasti minta izinlah ke ibu waktu ngajak main, ini kan enggak berani, dan enggak mungkin uang itu dikembalikan," tambahnya.

Nina sendiri tampak sangat emosional ketika melihat pelaku yang hendak dibawa ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Nina sempat berteriak memaki dan ingin memukul pelaku. Korban merupakan adik satu-satunya Nina, anak dari Wagiyo, seorang sopir Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jateng dan ibunya Sulfa Handayani, ibu rumah tangga.

Saat diculik, korban disembunyikan di sebuah tempat kos di Jalan Gondang Barat, Kecamatan Tembalang. Setelah Adit ditangkap, polisi dan keluarga menjemput Dani.

Sementara Ahmad Basri, Ketua RT 12 RW27, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Semarang, mengatakan, pelaku tidak lagi dipercaya memberikan les privat. Sebab, korban tidak mengalami perbaikan nilai di sekolah. "Diberi les oleh pelaku, tapi malah enggak naik kelas VI. Akhirnya dipecat. Tapi motifnya apa dia bawa anak itu saya tidak tahu, karena sebelumnya memang tetangga dan saling kenal," katanya.

Berdasarkan informasi, pelaku sempat mengajak orang tua korban bertemu. Namun, selalu berpindah-pindah tempat. Korban juga diketahui sempat dibawa ke daerah Wonogiri.

Kapolsek Pedurungan Kompol Yudi Artowiyono membenarkan adanya peristiwa itu. "Kami bersama Resmob (Reserse Mobil) Polrestabes Semarang melakukan penangkapan, sekarang masih diperiksa," katanya. Dalam kasus ini, selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti dua sepeda motor, yakni Honda City Sport nomor polisi H 3685 MR dan Suzuki Scorpio nomor polisi G 2449 TR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com