Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah DM Sudah Kosong Lebih dari Dua Bulan

Kompas.com - 22/05/2013, 11:23 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah yang dikontrak DM dan keluarganya di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, telah kosong sejak lebih dari dua bulan lalu. DM adalah pelajar yang masuk dalam daftar saksi kasus dugaan suap dan pencucian uang terkait kuota impor daging sapi. Ia telah dua kali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk tersangka kasus itu, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq. Belum jelas apa kaitan DM dan Luthfi hingga ia diperiksa sebagai saksi.

Sekretaris RT di lokasi rumah DM, Yuni, mengungkapkan, rumah dengan warna pagar hijau bertembok kuning dengan paduan batu alam itu mulai ditinggal sang pemilik sekitar dua bulan yang lalu.

"Sejak saat itu, waktu kasusnya mulai dibongkar KPK, sekeluarga nggak pernah kelihatan lagi, nggak tau lagi ke mana," ujarnya saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Rabu (22/5/2013).

Menurut Yuni, DM menempati rumah itu bersama ibunya, Umi, dan ayahnya, Ziad. Sebelum menempati rumah kontrakan di Cipinang Cempedak, DM diketahui tinggal di sebuah kontrakan kecil di kawasan Jalan Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur. Yuni mengatakan, DM baru delapan bulan menempati rumah kontrakan sekarang yang berukuran cukup besar.

"Enggak tahu alasan kenapa mereka pindah," lanjut Yuni.

Namun, Yuni mengaku tak tahu di mana DM dan keluarganya saat ini tinggal. Ibunda DM, Umi, menurutnya, masih kerap mendatangi rumah itu untuk memberi makan belasan kucing peliharaannya. Setelah itu, Umi kembali pergi. 

Pantauan Kompas.com pada Rabu siang, tak ada aktivitas di rumah tersebut. Umi diketahui sempat datang ke rumah itu. Melihat banyaknya wartawan menunggu di depan rumahnya, wanita berusia 30-an itu langsung memutar balik kendaraan roda duanya dan menghindari para wartawan.

DM adalah pelajar SMK yang pernah dipanggil KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang Luthfi. Ia diduga memiliki hubungan dekat dengan Luthfi. Catatan Kompas.com, DM pertama kali dipanggil KPK pada 12 April 2013. Saat itu, DM dipanggil sebagai saksi bersamaan dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine. Mereka diperiksa sebagai saksi yang dianggap tahu seputar aliran aset Luthfi.

Karena tidak hadir, KPK pun menjadwalkan kembali pemanggilan DM pada 17 Mei 2013. Namun, DM kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Belum diketahui persis sejauh mana hubungan DM dengan Luthfi. Namun, saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, status DM di surat panggilannya adalah seorang pelajar. Johan juga mengaku belum mendapatkan informasi apakah ada aset Luthfi yang diatasnamakan DM atau aliran dana Luthfi kepada pelajar SMK itu.

Baca juga:
Satpam: Pak Luthfi Panggil DM 'Mamah'
KPK Bisa Panggil Paksa DM
Ibu DM Bantah Anaknya Punya Hubungan Khusus dengan Luthfi Hasan

Ditanya soal DM, Luthfi Hanya Melirik
Terkait Kasus Luthfi Hasan, Siswi SMK Ini Belum Penuhi Panggilan KPK

Ikuti berita terkait dalam topik:
Skandal Suap Impor Daging Sapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com