Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24.000 Lembar Kertas untuk Dollar Palsu Ditemukan di Hotel

Kompas.com - 23/05/2013, 07:18 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 24.000 lembar kertas hitam yang diduga akan dipakai untuk membuat uang dollar palsu ditemukan petugas kamar Hotel Fiducia di Jalan Otista Raya, Jatinegara, Jakarta Timur. Diduga, kertas ini adalah bahan baku untuk mencetak uang palsu pecahan 100 dollar AS.

"Benar, ditemukan 24.000 lembar yang diduga bahan untuk dollar palsu," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Metro Jatinegara Iptu Ambarita saat dikonfirmasi, Rabu (22/5/2013). Dia mengatakan, bahan dasar uang palsu itu sepertinya akan dicetak menjadi lembaran dollar AS pecahan 100. Dugaan diperkuat dengan sudah terlihatnya gambar dan nominal 100 dollar AS, meskipun belum terlalu jelas, pada kertas tersebut.

Ambarita mengatakan, bahan kertas yang bila jadi dicetak dapat menjadi uang palsu senilai sekitar Rp 24 miliar itu ditemukan petugas hotel bernama Suherman. Petugas ini menemukan bahan uang palsu tersebut saat membersihkan kamar bernomor 135. Saat ditemukan, kertas itu ada di kolong tempat tidur dan terbungkus plastik.

Dari hasil pemeriksaan rekaman CCTV yang terpasang di sudut hotel, terlihat sepasang lelaki dan perempuan berkewarganegaraan Oman menjadi penghuni kamar itu. Namun, kepolisian belum dapat memastikan kedua orang itu sebagai pemilik bahan baku uang palsu tersebut.

Menurut Ambarita, pembersihan kamar berdasarkan mekanisme kerja hotel itu adalah sepekan sekali. Karenanya, masih ada kemungkinan bahan baku uang palsu tersebut sudah berada di lokasi penemuannya sebelum kedua warga Oman itu menempati kamar 135.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com