Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Rp 37 Miliar Dikucurkan untuk Stadion BMW

Kompas.com - 23/05/2013, 15:50 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggaran pembangunan Stadion BMW, Jakarta Utara, disiapkan Rp 37 miliar untuk 2013 ini. Dana tersebut untuk persiapan pembangunan awal stadion tersebut.

"Tahun ini, kita anggarkan Rp 37 miliar, pembayarannya secara multiyears (bertahap) dan kami akan melakukan pengadaan tiang pancang dan pematangan tanah juga di tahun ini," kata Ratiyono di Balaikota Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Proyek ini akan berlangsung secara berkelanjutan setiap tahunnya dengan total nilai anggaran Rp 1,05 triliun. Di sisi lain, Pemprov DKI masih menunggu proses penyelesaian permasalahan sertifikat tanah seluas 26,5 hektar tersebut.

Ratiyono mengatakan, Pemprov DKI masih terus mencari solusi lain agar pembangunan stadion yang rencananya menjadi kepemilikan klub Persija itu dapat segera dilaksanakan. Pihak BPKD (Badan Pengelola Keuangan Daerah) DKI, kata dia, akan membuat surat keterangan aset untuk proses multiyears.

Sertifikat lahan BMW sampai sekarang memang belum rampung. Lahan itu merupakan kewajiban fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang disediakan tujuh perusahaan yang diketuai PT Agung Podomoro Land Tbk. Sampai sekarang, sertifikat itu pun masih dalam proses.

Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, ini sudah dicanangkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada tahun 2010. Taman itu nantinya akan dibangun berbagai fasilitas olahraga, seperti stadion sepak bola yang dilengkapi trek atletik di bagian dalamnya.

Di luar stadion akan dibangun dua lapangan sepak bola untuk latihan. Selain itu, dua lapangan sepak bola pantai, voli, dan olahraga air juga akan dibuat di situ. Sisanya akan dibuat waduk dan situ.

"Pak Gubernur juga rencananya membuat taman dengan konsep botanical garden," kata Ratiyono.

Target awal pembangunan ini selesai pada tahun 2012. Di masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, pembangunan stadion ini ditargetkan selesai tahun 2015. Stadion yang memakan anggaran lebih dari Rp 1 triliun itu bahkan disebut-sebut akan menjadi stadion termegah di Asia dengan kapasitas penonton 50.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com