Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPKP Temukan Dana Siluman di APBD-P DKI 2012

Kompas.com - 27/05/2013, 16:13 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan indikasi adanya dana siluman dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2012 di DKI Jakarta. Untuk mencegah terjadinya hal serupa, BPKP akan melakukan pengawasan APBD-P DKI tahun 2013.

Kepala BPKP Mardiasmo mengatakan, BPKP menemukan ada empat dinas yang diindikasi menggunakan dana siluman dari APBD Perubahan 2012. Empat dinas tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan.

"Ada yang enggak usulkan anggaran, tapi dapat. Ada yang usulnya sekian, dapatnya lebih," ujarnya di Balaikota Jakarta, Senin (27/5/2013) pagi.

Meski demikian, Mardiasmo enggan menyebut secara detail berapa nominal dana siluman yang ada di empat dinas tersebut. Mardiasmo hanya mengatakan bahwa penggelembungan dana terjadi, khususnya APBD Perubahan bagian belanja modal.

"Kita juga menemukan, update harga satuan masih pakai patokan empat tahun lalu. Ini bisa bermasalah di HPS (Harga Pokok Satuan), nantinya yang tidak sesuai," kata Mardiasmo.

Mardiasmo berharap kejadian serupa tidak lagi terjadi di masa pemerintahan sekarang. Oleh sebab itu, untuk mematenkan langkahnya, BPKP akan meneken kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat. Hal itu diharapkan juga terjadi di pemerintah daerah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com