Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TM Grup Luncurkan Perpustakaan Keliling

Kompas.com - 27/05/2013, 20:30 WIB
Videlis Jemali

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokio Marine Grup meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan dengan meluncurkan perpustakaan keliling di Penjaringan, Jakarta Utara. Ikhtiar tersebut diharapkan membangkitkan meningkatkan minat baca anak dan masyarakat.

Tokio Marine (TM) Grup terdiri atas Tokio Marine Asia Pte, Ltd, PT Asuranso Tokio Marine Indonesia (TMI), dan PT Tokio Marine Life Insurance (TMLI). Dalam kegiatan sosial tersebut, TM Grup menggandeng Wahana Visi Indonesia (WVI).

Kecamatan Penjaringan dipilih sebagai lokasi penerima bantuan, karena daerah menjadi salah satu permukiman padat penduduk yang dihuni hampir 5.000 jiwa per kilometer persegi. Kecamatan Penjaringan juga termasuk salah satu area yang menyatakan komitmennya, untuk mendukung upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota layak anak.

CEO TMLI, David J Beynon, menyatakan, pengadaaan perpustakaan keliling bertujuan meningkatkan minat dan budaya baca di kalangan anak-anak yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. "Kami senang dapat menjadi perusahaan asuransi pertama di Indonesia yang mengadakan program perpustakaan keliling ini, dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua," katanya, pada saat peluncuran program di Penjaringan, Jakarta, (27/06/2013). 

Chariman Director TMI, Josef Gunawan Setyo, menambahkan, melalui perpustakaan keliling, pengetahuan dan literasi anak diharapkan meningkat. Selain itu, program menyediakan berbagai aktivitas lainnya, seperti belajar sambil bermain, membacakan buku cerita, kegiatan menggambar dan mewarnai.

National Director WVI, Tjahjono Soerjodibroto, mengapresiasi kepedulian TM Grup. Menurut dia, perpustakaan keliling tersebut menjadi jawaban yang tepat untuk kebutuhan edukasi dan hiburan anak-anak di kawasan Penjaringan, karena lebih fleksibel mengakses gang-gang sempit dan macet.

Untuk fasilitas perpustakaan keliling tersebut, TM Grup dan WVI menyediakan dua unit sepeda motor guna membawa buku-buku bacaan. Program ini mulai beroperasi sejak diresmikan. Perpustakaan keliling akan beroperasi setiap hari Senin-Jumat, pukul 09.00-18.00 di berbagai lokasi di Penjaringan secara rutin.

Buku-buku yang disediakan adalah buku pelajaran, buku cerita anak,dan majalah anak dengan rentang usia yang bervariasi. Secara berkala, buku-buku yang disediakan akan dirotasi dengan buku-buku baru agar anak-anak tidak jenuh dan minat baca terjaga.

Untuk menjaga kualitas perpustakaan keliling selama satu tahun mendatang, TMGrup dan Yayasan WVI telah memiliki agenda kegiatan rutin yang mencakup jadwal operasional, kegiatan bersama sukarelawan dari TM Grup.

Petugas perpustakaan keliling juga diberikan pelatihan, untuk mengajak anak-anak ikut serta dalam beberapa kegiatan sederhana,seperti membacakan buku cerita, menggambar dan mewarnai agar kegiatan sehari-hari akan menjadi lebih menarik dan bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com