Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Sterilisasi Stasiun Jabodetabek Meleset

Kompas.com - 28/05/2013, 09:59 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Target PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan sterilisasi di seluruh stasiun di Jabodetabek sebelum 1 Juni 2013, gagal. Dari sembilan stasiun yang semula ditargetkan selesai disterilisasi dalam dua pekan terakhir Mei 2013, baru tiga yang sudah terlaksana hingga Selasa (28/5/2013) pagi.

"Target serilisasi stasiun sampai 1 Juni 2013 sepertinya tidak terlaksana. Ada sejumlah stasiun yang belum steril saat 1 Juni," kata Humas PT KAI Daops I Sukendar Mulya, saat dihubungi, Selasa (28/5/2013). Sejumlah hambatan ditemukan dalam penertiban 9 stasiun terakhir, terhitung dari pekan lalu. Dari sembilan stasiun yang ditargetkan bisa ditertibkan dalam dua pekan terakhir Mei 2013, baru stasiun Duren Kalibata, Kranji, dan Duri yang sudah terlaksana.

Itu pun, seperti telah diberitakan, sterilisasi Stasiun Duri di Jakarta Barat yang digelar Senin (27/5/2013) sempat diwarnai perlawanan dari para pedagang. Lemparan batu, botol kaca, dan kayu, mewarnai sterilisasi. Petugas polisi yang dilibatkan dalam penertiban bahkan sampai melepaskan tembakan gas air mata untuk menghalau perlawanan para pedagang. Layanan kereta melalui stasiun ini bahkan sempat dihentikan selama beberapa jam.

Hari ini, Selasa (28/5/2013), PT KAI berencana menertibkan Stasiun Lenteng Agung, di Jakarta Selatan. Sekitar 55 kios akan ditertibkan dari Stasiun Lenteng Agung, yaitu kios yang kontrak sewanya sudah habis. "Ada satu kios yang kontraknya masih, akan kami biarkan sampai Juni (2013)," ujar Sukendar.

Sementara penertiban lima stasiun lain, menurut Sukendar, akan dilakukan secara perlahan, tak lagi dikejar sebelum 1 Juni 2013. "Akan kami lakukan pelan-pelan sambil jalan dengan e-ticketing dan tarif progresif," ujar Sukendar. Jadwal penertiban pun tak lagi mengikuti rencana semula.

Sebelumnya, PT KAI berencana melakukan penertiban keseluruhan 63 stasiun di kawasan Jabodetabek, sebelum tiket elektronik dan tarif progresif diberlakukan pada 1 Juni 2013. Dalam dua pekan terakhir Mei 2013, tinggal 9 stasiun yang belum ditertibkan, yaitu Stasiun Duren Kalibata, Stasiun Kranji, Stasiun Duri, Stasiun Cikini, Stasiun Gondangdia, Stasiun Universitas Indonesia, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, dan Stasiun Jayakarta.

PT KAI melakukan penertiban pedagang di stasiun sejak Desember 2012. Penertiban dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sesuai Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan PT KAI untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana Kereta di Jabodetabek dan Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jabodetabek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com