Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Tarif INA CBG's Sesuai "Clinical Pathway"

Kompas.com - 29/05/2013, 15:52 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menyelesaikan konflik mengenai tarif INA CBG's, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyamakan dan menyesuaikan tarif clinical pathway rumah sakit umum daerah. Dengan begitu, clinical pathway akan mengetahui tarif yang pantas untuk INA CBG's.

"Itu kan berdasarkan rata-rata tarif di rumah sakit pemerintah. Nah, diambil rata-ratanya di situ. Itu yang salah. Harusnya diambi tarif itu berdasarkan clinical pathway, jadi tahu prosedur kerja kayak apa," kata Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Rabu (29/5/2013).

Basuki mengungkapkan, untuk menyelesaikan masalah tersebut, tarif INA CBG's tidak akan berkiblat pada tarif pengobatan rata-rata RSUD. Apalagi rumah sakit yang mengeluhkan tarif INA CBG's merupakan rumah sakit swasta. Untuk itu, perubahan tarif INA CBG's dapat disesuaikan dengan clinical pathway di setiap rumah sakit.

Menurut Basuki, prosedur pembayaran tarif ini akan diberlakukan sampai masa uji coba selesai. Artinya, dalam dua bulan uji coba, rumah sakit masih akan melayani pasien yang menggunakan KJS dengan pembayaran tarif INA CBG's.

"Nah, ini kan butuh waktu dua bulan untuk bandingkan, kan? DPRD keduluan teriaknya, padahal uji coba belum selesai," katanya.

Basuki menambahkan, rumah sakit yang tidak kuat mengumpulkan data selama uji coba dipersilakan untuk mundur oleh pemprov. Dengan begitu, pemprov sama sekali tidak memaksakan rumah sakit tetap bergabung untuk bekerja sama dalam melayani KJS dengan tarif INA CBG's.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com