Minggu, 23 November 2014

News / Megapolitan

Siapa Pembunuh Tito Refra?

Sabtu, 1 Juni 2013 | 06:33 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Fransiskus Refra, atau yang akrab dipanggil Tito Refra Kei, tewas ditembak orang misterius di warung milik Ratim, Jalan Titian Raya Indah, RT 03 RW 11 Kalibaru, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (31/5/2013) sekitar pukul 20.00 WIB. Siapa pembunuh adik kandung dari John Kei tersebut?

Kepala Kepolisian Resor Kota Bekasi Kombes Priyo Widianto mengaku belum menemukan titik terang terkait pelaku pembunuhan itu. Pihaknya pun menelaah hubungan Tito dengan rekan serta keluarga terdekat. Polisi ingin memperkecil kemungkinan siapa pelaku pembunuhan tersebut.

"Kami belum tahu motifnya. Makanya kami lakukan pendekatan ke orang terdekat korban mengenai latar belakang korban. Tapi korban sepertinya tidak ada masalah dengan siapa pun," ujar Priyo kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (1/6/2013) dini hari.

Polisi belum mendapatkan gambaran pelaku karena, selama beraksi, pelaku mengenakan helm tertutup dan jaket. Terlebih, pelaku tidak berkomunikasi lisan dengan korban atau saksi. Dengan cepat, ia melepaskan dua tembakan dari pistol yang diduga berjenis FN dan pergi melarikan diri ke arah perumahan Harapan Jaya. "Petunjuk lainnya, kami menemukan sebuah proyektil dan sebuah selongsong peluru di TKP. Tapi lokasi penemuan terpisah," lanjut Priyo.

Arnold (45), seorang kerabat Tito, mengatakan hal yang sama. Menurutnya, penyelidikan akan lebih mudah jika Tito diketahui memiliki masalah dengan pihak lain sebelumnya. Namun, hal itu tak terjadi. Kehidupan Tito berjalan seperti biasa. "Beberapa bulan terakhir memang tidak ada masalah kok. Makanya kalau ada masalah kan bisa langsung diindikasikan, siapa pelaku," ujarnya.

Rencananya, anggota kepolisian dari Polresta Bekasi dan Polda Metro Jaya akan menggelar olah tempat kejadian perkara, Sabtu (1/6/2013) pagi, mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Tito ditembak di kepala, Jumat (31/5/2013), dengan peluru menembus dari bawah mata kanan keluar di rahang kanan. 

Selain Tito, pemilik warung di lokasi penembakan, Ratim (70), juga ditembak. Ratim tewas di RS Ananda, dengan luka tembak di dada. Untuk sementara, pelaku diduga berjumlah satu orang. Jenazah Tito dan Ratim sedang dalam proses otopsi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Palupi Annisa Auliani