Jumat, 29 Agustus 2014

News / Megapolitan

Muktamar HTI Rampung, Kemacetan Belum Terurai

Minggu, 2 Juni 2013 | 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara Muktamar Akbar yang dihadiri oleh puluhan ribu massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) telah usai, tetapi kemacetan akibat antrean bus masih belum dapat terurai.

Ratusan bus yang mengantar massa untuk menghadiri Muktamar Akbar masih mengantre untuk keluar dari kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Adapun bus yang diparkir di luar kompleks stadion terbesar se-Asia Tenggara itu masih berada di bahu jalan sekitar kawasan Senayan, menunggu massa yang hendak pulang.

Akibatnya, ruas jalan dari dan menuju Senayan saat ini terpantau mengalami kemacetan. Acara itu sendiri telah usai sekitar pukul 12.00. "Acaranya sudah selesai, tapi masih banyak bus-bus yang mengantre untuk keluar. Jalan di sekitar kawasan Senayan jadi padat," kata Kepala Bagian Bidang Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/6/2013).

Rata-rata bus yang diparkir di luar kompleks Stadion GBK memakan dua ruas jalan untuk dijadikan tempat parkir. Kemacetan yang paling terlihat ialah di depan gerbang pintu utama kompleks Senayan. Hal itu dikarenakan banyaknya bus yang hendak keluar dan bertemu dengan kendaraan yang melintas, ditambah dengan terparkirnya sejumlah bus di bahu jalan.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di Jalan Asia Afrika dan Jalan Gatot Soebroto di kedua arahnya. Kemacetan ini juga berimbas di Jalan Sudirman mengarah Thamrin, tepatnya di depan Mall FX. Saat ini pihak kepolisian tengah berusaha mengatur lalu lintas agar dapat meminimalisasi kemacetan ini. Akan tetapi, banyaknya jumlah bus yang keluar secara bersamaan membuat situasi jalan menjadi semrawut.

"Saat ini kami sedang mengatur keluarnya bus dengan mengarahkan mereka ke jalan-jalan yang masih sepi. Akan tetapi, sampai saat ini masih dapat kami tangani. Memang sih macet, orang busnya pada keluar semua," terang Budiyanto.

Massa dari HTI mulai berdatangan ke Senayan mulai pukul 06.00. Sekitar 70.000 orang menghadiri acara Muktamar Akbar yang diselenggarakan di tempat tersebut. Bus-bus yang mengantar massa dari berbagai daerah tersebut diparkir di bahu jalan di sekitar kawasan Senayan.


Penulis: Zico Nurrashid Priharseno
Editor : Bambang Priyo Jatmiko