Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Diganti Sepihak, Penumpang Komuter Jengkel

Kompas.com - 03/06/2013, 13:14 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Inkonsistensi informasi dari PT Kereta Api membuat ribuan penumpang jengkel. Kereta Api Commuter Line yang awalnya adalah jurusan Parung Panjang-Tanah Abang-Manggarai tiba-tiba diganti secara sepihak oleh PT KA ketika kereta sudah tiba di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

Saat tiba di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, petugas mengumumkan beberapa kali bahwa Kereta Api Commuter Line tersebut tujuan Tanang Abang sampai Manggarai. Kereta berangkat dari Stasiun Rawa Buntu pukul 08.20 WIB.

Memang pada jadwal sehari-hari, kereta itu bertujuan akhir Manggarai. Namun, ketika tiba di Stasiun Tanah Abang terjadi kekacauan. Mayoritas penumpang di dalam gerbong tetap duduk dan berdiri di dalam karena tujuan akhir mereka adalah Stasiun Sudirman dan Stasiun Manggarai.

Sementara calon penumpang di luar merangsek masuk karena di Stasiun Tanah Abang diumumkan bahwa kereta itu bertujuan akhir di Tanah Abang dan akan langsung kembali ke Stasiun Serpong. Calon penumpang yang bertujuan akhir di Serpong dan stasiun-stasiun sebelumnya pun langsung masuk.

"Kita yang di dalam (gerbong) pada ngotot itu jurusan Manggarai. Setelah itu ada pengumuman bahwa jalur 5 jurusan Serpong. Jadi, akhirnya para penumpang di dalam turun," kata Dewi (30), seorang karyawan yang naik dari Stasiun Rawa Buntu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com