Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Warga Pondok Indah yang Butuh Transjakarta

Kompas.com - 03/06/2013, 16:36 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan warga Pondok Indah agar jalur bus khusus transjakarta (busway) dipindah dari Jalan Metro Pondok Indah ke Pondok Pinang ditolak pengguna transjakarta. Sebab, yang butuh transportasi umum tersebut adalah mereka, bukan warga Pondok Indah.

Silla (20), pengunjung Mal Pondok Indah, mengatakan bahwa warga Pondok Indah boleh saja menyatakan tidak membutuhkan kehadiran transjakarta. Namun, warga asal kawasan lain yang hendak ke Pondok Indah sangat terbantu dengan kehadiran layanan bus transjakarta itu.

”Kan orang dari tempat lain banyak juga yang mau ke sini, kayak ke mal. Sulit kalau enggak ada (transjakarta). Kalau pakai taksi, kan mahal,” ujar warga Sawangan ini saat ditemui Kompas.com, Senin (3/6/2013).

Hal senada dikatakan Irwanto (32), petugas keamanan di Mal Pondok Indah. Dia mengaku mendapatkan manfaat dari kehadiran bus transjakarta Koridor VIII. Bukan hanya dia, banyak pegawai mal mewah itu menggunakan bus transjakarta.

”Saya, kalau enggak bawa motor, pakai busway (transjakarta). Lebih enaklah, membantu, daripada naik Kopaja 86. Tapi, biasa, memang nunggu-nya agak lama sih,” ujar Irwanto yang mengaku tinggal di Grogol.

Sebelumnya, pada Minggu (2/6/2013), sejumlah warga Pondok Indah yang tergabung dalam Panca RW melakukan musyawarah di Taman Puspita, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mereka meminta agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memindahkan jalur bus transjakarta dari Jalan Metro Pondok Indah.

Menurut mereka, keberadaan bus transjakarta di Jalan Metro Pondok Indah kurang begitu diminati masyarakat. Hal tersebut dapat terlihat dari jarangnya orang yang menumpang bus itu dan halte-halte bus transjakarta pun sering kali terlihat sepi.

Selain itu, kata warga, keberadaan jalur bus khusus yang ada sejak tahun 2009 itu justru membuat Jalan Metro Pondok Indah semakin bertambah macet. Untuk itu, warga Pondok Indah menginginkan agar jalur Koridor VIII dipindahkan saja melalui kawasan Pondok Pinang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com