Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak Tito Kei Beraksi Sangat Rapi

Kompas.com - 04/06/2013, 11:20 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku penembakan Tito Refra Kei diduga merupakan orang yang terlatih dan profesional. Sebab, aksi penembakan yang dilakukan pelaku tidak seperti pelaku pidana lain dan melakukannya dengan sangat rapi.

"Cara pelaku menembakkan ke sasaran tidak seperti biasanya seorang pelaku melakukan tindakan pidana. Artinya ini sangat rapi," kata Kasubdit Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Helmi Santika, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (4/6/2013).

Helmi mengatakan, ada kemungkinan pelaku sudah mengetahui bahwa Tito akan bermain kartu di warung kopi milik Ratim (70), korban yang juga tewas ditembak pelaku, sebelum melancarkan aksinya. Ia juga mengatakan, saksi dari rekan-rekan Tito yang ada di lokasi kejadian juga tidak mengenali pelaku dan hanya melihat secara samar-samar.

Setelah mengeksekusi Ratim dan Tito, pelaku diduga melarikan diri melalui jalan jembatan kecil mengarah ke Perumahan Harapan Jaya. Saat ini, pihaknya juga berupaya agar tidak ada aksi berkelanjutan dari tewasnya Tito Kei.

"Kami berusaha untuk meredam aksi balas dendam terkait penembakan ini, dan itu yang menjadi kewaspadaan kami saat ini," ujar Helmi.

Sebelumnya, adik bungsu John Kei itu ditembak orang tak dikenal ketika sedang bermain kartu domino bersama tiga temannya, yakni Gerry, Han, dan Petrus, di warung dekat kediamannya di Jalan Titian Indah Raya, Kalibaru, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

Peluru juga menyasar pemilik warung, Ratim, hingga tewas di lokasi kejadian. Tito merupakan anak bontot dari enam bersaudara. Jenazah Tito kemudian dimakamkan di kampung halamannya di Tual, Maluku Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com